Instalasi Linux Mint

Hallo sahabat Blogger….

Kesempatan kali ini saya ingin berbagi bagaimana cara Instalasi Linux Mint.

A. JUDUL : INSTALASI LINUX MINT

B. PENDAHULUAN

a. Pengertian

Linux Mint adalah sistem operasi Linux yang merupakan suatu distribusi Linux dengan basis Debian dan Ubuntu. Dengan Linux Mint Debian Edition (LMDE) sebagai suatu alternatif yang sepenuhnya berbasis Debian. Aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu juga dapat berjalan pada Linux Mint.

b. Latar Belakang

Latar Belakang dari instalasi Linux Mint adalah Pengenalan Sistem Operasi Opensource dan macam macam partisi serta pembagian partisi pada sistem operasi Linux.

c. Maksud dan Tujuan

1. Mampu melakukan instalasi Linux Mint dengan baik dan benar.
2. Mengetahui macam macam partisi pada Sistem Operasi Liux.
3. Mampu melakukan pembagaian partisi sesuai dengan prosedur.

d. Hasil yang diharapkan

Setelah melakukan kegiatan ini diharapkan dapat mengoperasikan Linux Mint dan dapat melakukan serta mengerti dalam proses pembagian partisi.

C. Alat dan Bahan

Dalam proses instalasi yang perlu disiapkan antara lain : File ISO Linux Mint, Media Bootable seperti CD atau Flashdisk, Laptop yang akan digunakan

D. Jangka Waktu Tahapan

Dalam melaksanakan kegiatan ini dimulai dari pukul 08.00-12.00.

E. Proses dan Tahapan

1. Pastikan anda telah memiliki CD atau Flashdisk Burn Linux Mint. Kemudian atur BIOS anda untuk melakukan Booting dengan CD atau Flashdisk.

 

2.Fitur yang bermanfaat pada sistem operasi GNU/Linux adalah fitur live cd, dengan fitur ini kamu dapat melihat-lihat tampilan sistem operasi yang akan diinstall. Pada Linux Mint 18, kamu akan langsung diarahkan ke dekstopnya untuk mencoba fitur live cd terlebih dahulu, Untuk menginstall pilih icon CD pada desktop dengan title “install linux mint“.

3. Kita tunggu hingga masuk pada jendela Linux Mint pertama.

 

4. Tentukan bahasa yang akan digunakan untuk proses instalasi. Biasakan untuk menggunakan Bahasa Inggris

5. Selanjutnya akan disuguhkan apakah kita ingin menginstall perangkat lunak tambahan atau tidak.

Dalam tahapan ini kita dapat memilih untuk menginstall atau tidak. Kalau pun tidak kita tetap bisa melakukan instalasi setelah proses instalasi sistem selesai.

6. Kemudian kita memlih jenis instalasi yang akan digunakan. Ada banyak jenis instalasi yang ada namun kebanyakan menggunakan “Something Else”

 

7. Tahapan selanjutya adalah pembuatan partisi. Dalam proses ini kita harus sangat berhati hati. Partisi yang ada pada Linux sangat berbeda dengan partisi pada Windows. Pada Linux memiliki beberapa partisi antara lain: Partisi Sistem, Partisi Data dan Partisi Swap.

Untuk memahami masing-masing dalam partisi tersebut simaklah uraian berikut ini:

Partisi adalah pembagian atau pemisahan secara logis, namun tidak secara fisik suatu hardisk yang digunakan untuk mempermudah manajemen file. Dengan membagi bagi hard disk, seandainya dalam sistem ada kerusakan yang mengharuskan install ulang sistem maka partisi yang lainnya tidak akan terpengaruh.

Dalam Instalasi Linux minimal kita memerlukan dua partisi yaitu  / (dibaca : root) untuk system utama linux dan /swap untuk menyimpan memori virtual sebagai tambahan RAM. Namun, ada yg tidak kalah penting juga yaitu /home untuk menyimpan semua berkas yang kita buat.

Screenshot at 2017-06-03 09-32-11.png

8. Kemudian kita pilih dimana lokasi kita berada

pemilihan-lokasi.png

9. Kita pilih Jenis Keyboard yang akan kita gunakan. Sebaiknya kita biarkan secara default saja.

pemilihan-keyboard.png

10. Selanjutnya kita isikan Informasi tentang user. Isikan username dan password. Untuk instalasi Linux password tidak boleh kosong.

membuat-user-dan-password

11. Kita tinggal menunggu proses instalasi berjalan sambil menikmati tampilan splash screen instalasi. jika sudah restart komputer dan nikmati sistem operasi Linux Mint 18.

splash-screen.png

F. Temuan Permassalahan

Dalam kegiatan ini saya masih menemukan kesulitan. Dalam proses Instalasi sangat diperlukan pemahaman tentang pembagian partisi karena pembagian partisi tersebut sangat penting.

G.Kesimpulan yang didapatkan

Dalam kegiatan ini saya menjadi mengerti tentang cara instalasi Linux Mint dan memahami jenis partisi serta pembagian partisinya.

H.Daftar Pustaka

a. https://id.wikipedia.org/wiki/Linux_Mint
b. https://www.migrasilinux.or.id/cara-install-linux-mint-18/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s